Sejarah yang Menciptakan Spam


Pada musim semi tahun 1978 seorang pria enerjik yang bekerja di bidang marketing bernama Gary Thuerk ingin mempromosikan kepada dunia teknologi bahwa perusahaannya, yaitu Digital Equipment Corporation (DEC), telah meluncurkan sebuah sistem komputer baru yang canggih. Thuerk memutuskan bahwa cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan melalui jaringan komputer universitas dan pemerintah yang dikenal dengan nama Arpanet.

Setelah memilih 600 alamat, Thuerk menyadari bahwa dia tidak mungkin meluangkan waktu untuk menelepon mereka satu persatu. Dan muncullah ide dalam pikirannya: bagaimana jika ia menggunakan jaringan untuk menyebarkan sebuah email ke semua orang tersebut? ?We invite you to come see the 2020 and hear about the DECSystem-20 family,? begitulah isi pesannya. Dan ketika ia menekan tombol send, maka pada saat itulah ia "melahirkan" spam.

Reaksi yang didapat dari pengiriman spam pertama tersebut hampir semuanya negatif. System administrator dari Arpanet berjanji untuk segera mengambil tindakan dan menegur Thuerk dengan keras. Bagaimanapun juga perusahaannya berhasil menjual lebih dari 20 sistem komputer dengan harga satuannya sebesar satu juta dollar. Menurut Thuerk, tindakannya tidak merugikan siapapun dan ia melihat jaringan internet sebagai simbol baru dari kebebasan intelektual.

selengkapnya: newyorker

0 comments:

Copyright © 2009 Adryan Muldan - All rights reserved | Newspaper by Ourblogtemplates.com

Powered by Blogger.com