Leopard Kalahkan Windows di Jepang


Microsoft telah terpukul banyak di pasar Jepang sejak keluarnya Mac OS X Leopard, menurut laporan Business Computer News (BCN) negara tersebut. Publikasi ini melaporkan bahwa penjualan Mac OS X meningkat dramatis di antara bulan September dan Oktober, naik dari 15,5% di periode yang sama tahun lalu menjadi 60,5%. Sebaliknya, pangsa pasar penjualan Windows jatuh dari 75,3% menjadi hanya 28,7%. Perubahan posisi mendadak ini memberikan Apple pangsa pasar sebesar 53,9% di pangsa pasar OS di Jepang.

Walaupun pangsa pasar ini diperkirakan akan stabil lagi beberapa bulan setelah peluncuran Leopard, perubahan statistik ini menunjukkan beberapa faktor yang memberikan pemakai Mac insentif yang jauh lebih kuat untuk membeli OS baru di luar saat mengganti komputer mereka dibandingkan pemakai Windows.

Microsoft menjual Vista dengan harga yang lebih mahal di Jepang, menawarkan paket Vista Home Premium upgrade only dengan harga $179 atau $276 untuk versi penuhnya, sedangkan OS dari Apple dijual dengan harga hanya $134. Pencantuman harga untuk OS X juga lebih sederhana, hanya memiliki satu versi penuh dibandingkan berbagai versi penuh atau upgrade yang perlu dipilih pemakai saat meng-update komputer mereka. Kebutuhan hardware minimal yang lebih rendah untuk Leopard dibandingkan dengan Vista juga merupakan salah satu faktor positif untuk Mac OS.

Statistik ini menunjukkan efektifnya strategi Apple yang merilis OS baru dalam jangka waktu yang lebih pendek sehingga mempercepat adopsi Mac di Jepang, lanjut BCN. Publikasi ini juga melihat peningkatan ini bahkan lebih tinggi 10 poin dibandingkan saat Mac OS X Tiger pertama kali debut di bulan April 2005, di mana Apple menjual 2 juta unit Leopard di akhir minggu penjualan pertama dibandingkan beberapa minggu yang dibutuhkan oleh Tiger untuk mencapai angka penjualan yang sama.

Jepang sering disebut sebagai salah satu pasar yang paling sulit ditembus di dunia saat ini, dengan penjualan komputer yang terus menurun memaksa Hitachi keluar dari pasar tersebut dan beberapa vendor PC lainnya berganti ke desain komputer lain seperti Internet AQUOS dari Sharp. Apple telah mencetak peningkatan penjualan yang biasa saja ke negara tersebut akan tetapi pendapatan mereka dari Jepang menurun karena banyak pembeli yang memilih produk yang berharga lebih murah.

0 comments:

Copyright © 2009 Adryan Muldan - All rights reserved | Newspaper by Ourblogtemplates.com

Powered by Blogger.com