Pembajakan Microsoft Masih Menguntungkan


Sudah beberapa tahun terakhir ini perusahaan software besar telah mencoba untuk meyakinkan orang di seluruh dunia bahwa sebuah kopi dari software bajakan sama halnya dengan hilangnya sebuah penjualan. Argumentasi ini bertolak belakang dengan fakta bahwa perusahaan software sebenarnya juga mendapatkan keuntungan dari pembajakan karena beberapa pengguna software bajakan akan cenderung membeli software aslinya pada suatu saat nanti jika mereka menyukainya.

Hal ini bahkan diakui oleh Bill Gates, walaupun saat ini Microsoft masih berkeras dalam memberantas pembajakan. Tetapi sekarang Microsoft telah memberikan pernyataan yang lebih jelas bahwa memang ada beberapa keuntungan yang diperoleh dari pembajakan. Jeff Raikes, pimpinan divisi bisnis Microsoft, dalam sebuah konferensi investor yang baru saja diadakan mengatakan bahwa walaupun perusahaannya menentang pembajakan, jika anda akan membajak software maka ia berharap bahwa software Microsoft-lah yang anda bajak. Hal ini ia katakan karena ia telah mengamati bahwa pengguna software Microsoft bajakan akan cenderung membeli software aslinya pada suatu saat.

Ia juga mengatakan bahwa perusahaan memang ingin mendorong perizinan legal, tetapi tidak ingin terlalu memaksanya sampai harus kehilangan konsumen yang potensial. Microsoft mendapatkan peringatan tentang hal ini ketika sebuah sekolah di Rusia mengatakan bahwa mereka akan beralih ke Linux untuk menghindari perseteruan dengan petugas anti pembajakan nantinya. Dan tentu saja hal ini menjadi semacam peringatan untuk kampanye anti pembajakan mereka yang agresif.

0 comments:

Copyright © 2009 Adryan Muldan - All rights reserved | Newspaper by Ourblogtemplates.com

Powered by Blogger.com