Metode Untuk Mengoptimalkan Website


Setiap harinya ribuan website dibuat berdasarkan kepentingan pemilik website dan bukan berdasarkan kebutuhan pengunjung mereka. Pengunjung website tidak diperhatikan dan inilah yang menjadi penyebab sebagian besar website tidak sukses. Ada 5 saran sederhana yang dapat mengoptimalkan web anda:

1. Jadilah seorang pengunjung
Posisikan diri anda sebagai seorang pengunjung. Apa yang diinginkan oleh seseorang ketika ia mengunjungi web anda? Tujuan dari website anda seharusnya bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan anda tapi juga kebutuhan dari pengunjung. Salah satu cara terbaik untuk mengetahui keinginan pengunjung adalah dengan melakukan survey pada beberapa orang yang tertarik dengan produk dan jasa anda, lalu sesuaikan website anda dengan apa yang mereka inginkan. Jika anda mengalami kekurangan budget, cukup lakukan survey pada beberapa teman dekat anda.

2. Kesederhanaan adalah yang terbaik
Jika anda melihat beberapa website yang paling sukses seperti Google, Youtube, dan Yahoo, mereka semuanya adalah website-website yang sederhana. Mengapa anda harus menambahkan fitur yang berlebihan ketika 80 persen pengunjung anda hanya menggunakan 20 persen dari semua fitur yang anda tawarkan. Tetaplah focus pada kebutuhan pengunjung anda ketika menambahkan sebuah fitur baru.

3. Isi adalah hal yang terpenting
Pastikan isi dari website anda informatif. Jika anda hanya berkonsentrasi pada tampilan website dan melupakan isinya, maka anda akan segera kehilangan pengunjung. Isi dari suatu website harus ringkas dan padat jika anda menginginkan pengunjung membeli produk atau jasa anda. Dan yang paling penting pastikan juga tulisannya dapat terbaca dengan baik dan mudah dimengerti.

4. Hal-hal kecil yang membuat perbedaan
Setiap aspek dari desain website anda harus dipikirkan secara detail. Hal-hal seperti warna, bentuk dan gradasi, memberikan pengaruh yang sangat besar pada pesan yang ingin anda sampaikan. Warna biru, hijau dan perak dapat memberikan kesan "tenang". Ujung kotak yang melengkung dapat memberikan kesan halus dan pribadi sedangkan ujung persegi dapat memberikan kesan kokoh dan kuat. Dengan mengkombinasikan warna, bentuk, efek visual dan gambar maka anda dapat memberikan suatu pengalaman yang tak terlupakan pada pengunjung anda.

5. Bimbinglah pengunjung anda
Anda tidak akan menginginkan pengunjung anda mengklik website anda berkali-kali hanya untuk mencari sebuah produk. Kurangi kebingungan mereka dengan berbagai menu navigasi dan link. Dengan mengurangi jumlah klik yang harus dilakukan maka mereka cukup mengklik beberapa kali saja untuk membeli produk anda.

Metode-metode diatas mungkin terlihat sederhana dan mendasar tetapi sayangnya seringkali dilupakan. Tidak ada salahnya untuk mencoba hal-hal diatas dan mungkin saja anda akan terkejut ketika mengetahui betapa efektifnya metode-metode tersebut.

0 comments:

Copyright © 2009 Adryan Muldan - All rights reserved | Newspaper by Ourblogtemplates.com

Powered by Blogger.com