Kebiasaan Buruk Fotografer Digital


Sebagai seorang fotografer digital, mungkin anda merasa percaya diri akan menghasilkan foto-foto yang baik karena telah didukung oleh peralatan anda yang super canggih sekaligus praktis. Namun, pada kenyataannya, seringkali dukungan alat canggih tersebut membuat anda melupakan beberapa sikap penting yang seharusnya dimiliki oleh seorang fotografer profesional. Di bawah ini terdapat 7 sikap buruk seorang fotografer digital:

1. Tidak Mengecek Ulang Isi Tas Perlengkapan
Seringkali seorang fotografer melupakan hal-hal kecil seperti CF Card dan charger.

2. Tidak Mengecek Ulang Pengaturan ISO
Mungkin inilah hal terlazim yang sering kita temui pada seorang fotografer digital. Mereka seringkali mengatur ISO hanya pada saat ingin mendapatkan gambar lebih baik dan kadang-kadang mereka sudah yakin pada pengaturan ISO setiap mereka mengambil foto. Hal inilah yang membuat banyak orang meminta petunjuk ISO ditampilkan pada layar, sehingga para fotografer tidak lupa mengatur ISO mereka.

3. Malas Mengatur Posisi Foto yang Benar
Banyak program-program editor seperti Photoshop atau lainnya membuat para fotografer malas untuk mengatur posisi obyek foto dengan benar, karena mereka yakin bisa meng-editnya pada program. Jika anda mempunyai kebiasan buruk mengatur kemiringan gambar melalui software, silakan klik di sini untuk menghidari hal tersebut.

4. Sering Mengambil Foto Asal-Asalan tanpa Pencahayaan yang Baik
Seperti masalah sebelumnya, karena terlalu yakin akan software, fotografer sering malas mengatur pencahayaan pada saat mengambil foto. Padahal, software pun memiliki keterbatasan dalam kurangnya cahaya pada saat pengambilan foto obyek.

5. Menghapus Gambar Terlalu Cepat
Kemudahan melihat hasil foto secara langsung membuat para fotografer juga bisa menghapusnya dengan gampang dan seenaknya. Bahkan, lebih cepat dari pengambilan foto itu sendiri.

6. Lebih Mementingkan Tampilan Kamera daripada Lensa Kamera
Seharusnya, seorang fotografer lebih membutuhkan lensa yang baik daripada kamera itu sendiri.

7. Sering Menyalahkan Perlengkapan
Ok, inilah yang paling sering dilakukan oleh para fotografer digital. Mereka terlalu sering menyalahkan peralatan mereka untuk hasil foto yang buruk. Padahal keindahan foto itu ditentukan oleh sang fotografer dan bukan oleh kameranya.

0 comments:

Copyright © 2009 Adryan Muldan - All rights reserved | Newspaper by Ourblogtemplates.com

Powered by Blogger.com