Hacker Menjebol Laboratorium Riset Nuklir


Para hacker telah berhasil membobol sistem komputer yang dipakai di dua buah laboratorium pengetahuan yang terpenting di Amerika (salah satunya laboratorium riset senjata nuklir), yaitu Oak Ridge National Laboratory (ORNL) di Tennessee dan Los Alamos National Laboratory di New Mexico.

Seorang juru bicara ORNL mengatakan bahwa dengan sebuah "serangan cyber yang rumit", tampaknya orang - orang tak diundang berhasil mengakses database pengunjung ke laboratorium yang berada di Tennessee itu dalam tahun 1990 dan 2004, berhasil mengambil social security number (seperti KTP) dan tanggal lahir pengunjung. Tiga ribu ilmuwan dilaporkan mengunjungi laboratorium tersebut tiap tahunnya.

Serangan ini dilaporkan terjadi dalam beberapa gelombang email - email phishing dengan attachment berbahaya dimulai dari tanggal 29 Oktober. Walaupun tidak dipublikasikan, attachment ini keungkinan besar akan meluncurkan sebuah trojan yang didesain untuk membongkar sistem sekuriti dari dalam dan diduga dibuat khusus untuk menargetkan laboratorium tersebut.

Direktur ORNL Thom Mason mendeskripsikan serangan ini lewat email kepada karyawan sebagai sebuah "usaha terkoordinir untuk mendapatkan akses ke jaringan komputer di berbagai laboratorium di beberapa institusi di seluruh negara. Karena sensitifnya kejadian ini, laboratorium tidak akan dapat mendiskusikan detil lebih lanjut selama beberapa waktu sebelum kami dapat mengerti seluruh serangan ini."

ORNL telah membuat sebuah situs untuk memberikan pengumuman ofisial tentang serangan - serangan tersebut, dengan saran kepada karyawan dan pengunjung agar mereka menghubungi agen - agen kartu kredit untuk meminimkan kemungkinan pencurian identitas.

Serangan yang diluncurkan terhadap laboratorium di Los Alamos, akan tetapi keduanya tetap disebut sebagai kejadian yang terkait. Apakah laboratorium Los Alamos telah tembus masih belum dikonfirmasi, walalupun seorang juru bicara Los Alamos mengatakan bahwa para karyawan telah diperingatkan setelah serangan yang terjadi pada tanggal 9 November, beberapa hari setelah serangan pertama terhadap ORNL.

ORNL adalah sebuah laboratorium serba guna, sebuah tempat yang digunakan untuk riset teknologi militer dan keamanan dalam negeri serta memiliki salah satu superkomputer tercepat dunia. Los Alamos juga memiliki kegunaan yang mirip, akan tetapi berspealisasi di riset senjata nuklir, salah satu dari dua tempat yang mengerjakan riset - riset rahasia di Amerika.

Los Alamos memang memiliki sejarah keamanan yang kurang baik, setelah mengalami beberapa kebocoran data dalam beberapa tahun terakhir. Di bulan Agustus tahun ini, laboratorium ini mengirimkan data hasil riset nuklir lewat email sedangkan di tahun 2006 seorang pengedar obat ditemukan dengan sebuah USB yang berisi data - data tentang ujian senjata nuklir.

0 comments:

Copyright © 2009 Adryan Muldan - All rights reserved | Newspaper by Ourblogtemplates.com

Powered by Blogger.com