Kera Dapat Mengontrol Lengan Robot


Kera dapat mengontrol lengan robot dengan menggunakan pikiran mereka, menurut laporan ilmuwan.

Kera atau monyet dapat memberikan makanan kepada diri mereka dengan menggunakan lengan prostata yang dikendalikan oleh aktivitas otak, dikontrol oleh sebuah satelit kecil setipis rambut manusia dimasukan ke bagian korteks motor utama dari otak kera - bagian otak yang mengontrol pergerakan.

Dalam sebuah tulisan di Nature Journal, penulis mengatakan bahwa hasil kerja ini kelak dapat menolong orang cacat atau mereka yang lumpuh.

Pemimpin riset Dr Andrew Shcwartz dari University of Pittsburgh School of Medicine, mengatakan: "Kita mulai mengerti bagaimana cara kerja otak dengan menggunakan teknologi brain-machine interface. Semakin banyak yang kita ketahui mengenai otak, semakin banyak kita dapat menyembuhkan berbagai macam cacat pada otak, segala sesuatu mulai dari penyakit Parkinson dan kelumpuhan, sampai Alzheimer dan bahkan penyakit mental."

Dengan adanya satelit di bagian korteks motor otak kera, software komputer digunakan untuk menginterpretasikan impuls elektrik otak dan menerjemahkannya menjadi gerakan lewat lengan robot.

Lihatlah video di bawah ini.



0 comments:

Copyright © 2009 Adryan Muldan - All rights reserved | Newspaper by Ourblogtemplates.com

Powered by Blogger.com