Cara Melancarkan Kinerja Mac OS X


Pelajaran paling berguna di konferensi Macworld adalah presentasi yang diberikan Dave Hamilton yang berjudul "Running Your Mac Lean, Clean, and Mean." Presentasi Dave menjalaskan bagaimana kita dapat mempertahankan Mac kita agar terus bekerja dengan mulus, apa yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya bencana dan apa yang harus dilakukan saat hal ini terjadi.



Hamilton memiliki beberapa rekomendasi tentang bagaimana memastikan agar Mac anda tetap kinerja dengan mulus, dimulai dari menghapus aplikasi - aplikasi tidak penting yang diluncurkan saat pertama kali memulai sistem anda. Akan tetapi ia juga memperingatkan untuk memastikan terlebih dahulu di Google apabila melihat sesuatu yang tidak begitu dikenal sebelum menghapus aplikasi tersebut.



Ia merekomendasikan untuk melakukan di bawah ini:


  • Buka "System Preferences > Accounts", lalu buka bagian "Login items" dan hapus semua yang tidak anda pakai.


  • Cek "launchd" sekali setiap setengah tahun dengan Lingon, tetapi hati - hati, anda disarankan hanya mengubah "My Agents", "User Agents" dan "User Daemons".

  • Ia juga merekomendasikan penggunaan Onyx, sebuah program gratis yang secara otomatis menghapus cache, yang menurut Hamilton konfigurasi default-nya tidak berbahaya, yang berarti mereka hanya menghapus data sistem dan tidak menghapus data yang anda buat.

  • Rahasia terbesarnya, menurut Hamilton adalah banyak masalah yang dapat diperbaiki hanya dengan sebuah restart yang sederhana. Memang benar Mac OS X beroperasi dengan basis Unix yang dibuat untuk terus aktif tanpa batas waktu dan tetap berkinerja baik, akan tetapi pada umumnya mematikan komputer anda sekali setiap bilan bukup baik. "Apakah anda harus reboot setiap hari? Kita tidak menggunakan Windows!"





Untuk tindakan - tindakan pencegahan:

  • Aktifkan "Disk Utility" dan pakai "Verify and Repair Disk" setiap bulan atau enam minggu. Fitur ini melakukan pengecekan terhadap direktori anda dan bukan hard disk secara fisik. "Sebuah direktori yang rusak dapat menyebabkan masalah yang semakin parah selama enam bulan atau satu tahun dan tiba - tiba sistem anda hancur."

  • Apabila anda menggunakan alat lain selain "Disk Utility" yang telah ada di Mac OS X, anda sebaiknya memilih Disk Warrior yang dapat dignakan untuk membangun kembali direktori yang rusak atau fragmented.


  • Instal Applejack yang saat ini hanya tersedia untuk Mac OS X Tiger. Alat command line ini yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki masalah - masalah besar. Ie merekomendasikan agar menginstal aplikasi ini sekarang juga agar anda sudah siap saat bencana menimpa anda.

  • Mac secara otomatis mengeksekusi beberapa script di balik layar untuk menyehatkan komputer anda. Temporary file, log file hanya diperlukan dalam jangka waktu yang singkat, jadi script - script ini membersihkan data - data ini. Ada script yang dieksekusi setiap hari, setiap minggu dan setiap bulan, Hamilton mengatakan bahwa yang paling penting adalah yang dieksekusi setiap hari. Apabila koomputer anda selalu aktif setiap saat, mereka dapat dieksekusikan tanpa ada masalah. Apabila komputer anda dimatikan untuk periode waktu yang lama, anda sebaiknya mengeksekusi script - script ini secara manual dari terminal dan mengetik "sudo periodic daily/weekly/monthly".





Saat mesin anda rusak parah dan bahkan tidak dapat boot dengan baik, inilah apa yang seharusnya anda lakukan:

  • Boot dari CD/DVD Mac OS X anda dan aktifkan "Disk Utility" atau masuk ke command line dan ketik "fsck" atau AppleJack beberapa kali sampai mereka tidak menemukan masalah lagi (baik Tiger maupun Leopard aakan secara otomatis terus mengeksekusi alat ini sampai tidak menemukan masalah di hard disk anda).


  • Boot dari "Disk Warrior" dan bangun ulang susunan direktori anda.

  • Untuk mengamankan data, anda selalu dapat menekan tombol "Apple + T" saat mesin anda melakukan boot untuk masuk ke mode FireWire Target Disk. Hal ini membuat komputer anda berfungsi sebagai hard disk external, agar dapat dihubungkan ke komputer lain dan mengtransfer semua data yang ada.

  • Apabila hard disk anda rusak secara fisik, Hamilton menyarankan agar anda menyimpan semua data anda dan mengganti hard disk itu.

  • 0 comments:

    Copyright © 2009 Adryan Muldan - All rights reserved | Newspaper by Ourblogtemplates.com

    Powered by Blogger.com