Alasan Ponsel Dilarang Dalam Pesawat


Mungkin alasan yang anda ketahui adalah karena ponsel dapat mengganggu peralatan elektronik pada pesawat. Alasan ini mungkin tidak sepenuhnya benar karena faktanya adalah gangguan yang ditimbulkan ponsel terhadap peralatan pesawat sampai saat ini masih belum diketahui dengan pasti. Dua alasan resmi yang mendasari larangan penggunaan ponsel di pesawat adalah:
1. Ponsel 'mungkin' dapat mengganggu peralatan elektronik penerbangan pesawat.
2. Ponsel 'mungkin' dapat menimbulkan masalah pada sistem menara penerbangan.

Oleh karena alasan yang tidak kuat, maka saat ini bermunculan berbagai teori yang mengatakan bahwa kedua alasan tersebut hanyalah sebagai dalih untuk mengalihkan perhatian orang dari alasan yang sebenarnya. Salah satunya adalah sebagai pengendali emosi penumpang. Panggilan masuk dari ponsel dapat mengundang perilaku kasar dan konflik apabila ada sesama penumpang yang merasa terganggu. Penumpang juga akan lebih tenang jika mereka tidak mengetahui bencana apa yang sedang terjadi di dunia luar, dengan demikian awak pesawat akan lebih tenang menjalankan tugasnya dan tidak perlu menghadapi kepanikan atau kemarahan penumpang.

Alasan lain yang diperkirakan adalah karena banyaknya biaya yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan dan peningkatan sistem penerbangan, supaya tidak terganggu sinyal elektronik lainnya. Oleh karena itu larangan tersebut adalah solusi yang lebih mudah dan jauh lebih murah. Lagipula, jika memang terbukti beberapa peralatan elektronik dapat mengganggu sistem elektronik penerbangan, maka semua alat elektronik harus melalui proses pengujian dan pemeriksaan lagi, yang tentu saja memakan banyak waktu dan biaya. Dan sekali lagi, larangan tersebut adalah solusi termudahnya.

Pada kenyataannya DVD player, laptop, mesin game portable, CD player, MP3 player, semuanya memancarkan energi dan secara teoritis mungkin dapat menyebabkan gangguan pada sistem GPS, peralatan komunikasi dan sistem navigasi. Tetapi setiap harinya terdapat ribuan ponsel penumpang yang tetap hidup di dalam pesawat, baik itu disengaja maupun tidak, dan sampai saat ini belum ada satupun kecelakaan pesawat yang positif terbukti terjadi akibat gangguan ponsel. Jadi mari kita tunggu saja apakah larangan tersebut akan dicabut atau mungkin akan muncul sekelompok peneliti yang membuktikan kebenarannya.

1 comments:

Anonymous said...

Apa susahnya sih matiin ponsel..? toh gak akan seharian terbang...

Copyright © 2009 Adryan Muldan - All rights reserved | Newspaper by Ourblogtemplates.com

Powered by Blogger.com